Notification

×

TPID Pemkot Parepare Pastikan Harga Komoditas Masih Stabil di Pasar

Sabtu, 02 April 2022 | 17.00 WIB Last Updated 2022-04-02T09:00:18Z
Foto : Dokumentasi/Istimewa
PAREPAREINFORMASI.COM -- Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Pemkot Parepare, Sulawesi Selatan mengecek harga bahan pokok di Pasar Sumpang Minangae. 


Anggota TPID Pemkot Parepare yang hadir diantaranya Kepala Dinas Perdagangan, Prasetyo, Kadis Ketahanan Pangan Muhammad Nur, Plt Kabag Ekonomi Rudi Muradi. 


Prasetyo mengungkapkan pihaknya mengecek harga dan ketersediaan bahan pokok di Pasar Sumpang jelang Ramadan. 


"Ada memang beberapa komoditas yang naik harganya, tetapi tidak signifikan. Malah ada juga komoditas yang sangat turun harganya," kata Prasetyo, Sabtu 2 April. 


Dia menyebutkan, harga bawang merah saat ini Rp 24 ribu per kilogram. Sementara bawang putih seharga Rp 28 ribu per kilogram. 


"Sementara di pasar Lakessi kemarin kita temukan ada pedagang yang jual Rp bawang merah seharga 35 ribu per kilogram, begitu pun bawang putih di atas Rp 35 ribu," sebutnya. 


Selain bawang merah dan putih kata dia, komoditas lainnya pun masih terbilang stabil, misalnya harga daging. 


"Harga daging masih Rp 120 ribu per kilogram, mengalami kenaikan sejak tiga minggu lalu tapi tidak signifikan. Dulu harganya Rp 115 per kilogram," kata dia. 


Selain daging, harga ayam pun mengalami kenaikan. Saat ini harga ayam sudah Rp 36 ribu sampai Rp 40 ribu per ekor. 


"Kalau dulu cuma Rp 28 ribu sampai 30 ribu-an per ekor, namun kenaikan ini masih terbilang normal," pungkasnya. 


Sementara itu, pedagang komoditas sembako Pasar Sumpang Parepare Madi menyebutkan, bawang merah dan putih turun sejak Jumat 1 April, kemarin. 


"Bulan 3 itu bawang merah dan bawang putih masih mahal. Bawang putih saat ini sudah Rp 28 ribu per kilogram sedangkan sebelumnya Rp 34 ribu per kilogram. Begitu pun bawang merah yang dulu seharga Rp 35 ribu per kilogram sekarang sudah turun menjadi Rp 24 ribu per kilogram," kata Madi.


Selain meninjau sembako, TPID Parepare juga menyambangi distributor untuk mengecek ketersediaan gas elpiji dan minyak goreng. (asm/pi) 



×
Berita Terbaru Update