Notification

×

BEM FH UMPAR Gelar Dialog Publik Bahas Masa Depan Lingkungan Dalam UU Cipta Kerja

Kamis, 31 Maret 2022 | 00.03 WIB Last Updated 2022-03-30T16:04:49Z
Foto : Dokumentasi/Istimewa
PAREPAREINFORMASI.COM - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammadiyah Parepare menggelar dialog publik dengan tema bertajuk "Masa Depan Lingkungan Dalam UU Cipta Kerja", Rabu, (30/3/2022) di Kedai OK.


Dialog publik ini menghadirkan dua narasumber yaitu Dirga Achmad, S.H., M.H. (Dosen HTN Parepare) dan Muhammad Taufiq Kasaming (Pegiat Sosial & Lingkungan Hidup).


Hasri selaku Ketua BEM FH mengatakan tujuan diadakannya dialog Publik tersebut guna mengkaji bagaimana dampak hukum lingkungan yang diatur dalam lingkungan kerja.


"Jadi kami adakan dialog publik ini guna bagaiamana efek hukum lingkungan yang diatur dalam UU cipta kerja, jangan sampai UU yang saat ini berlaku kita tidak tau isinya, makanya itu yang kami kaji" katanya.


Seperti diketahui pasca disahkannya PP 22/2021, aturan ini berdampak pada perubahan ketentuan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal). Utamanya terkait partisipasi publik dalam penyusunan Amdal.


Dalam aturan tersebut, Amdal menjadi prasyarat terbitnya persetujuan lingkungan. Adapun persetujuan lingkungan inilah yang menjadi prasyarat terbitnya perizinan berusaha. Hal ini diatur dalam beberapa pasal yang secara rinci menjelaskan prasyarat persetujuan lingkungan.


Hadir pada dialog tersebut yakni lembaga mahasiswa dari beberapa kampus yang ada di kota Parepare. 


(hm/pi)



×
Berita Terbaru Update