Notification

×

Iklan

Iklan

Peduli Lingkungan Dengan Gerakan WCD Serentak di Kota Parepare

Sabtu, 18 September 2021 | September 18, 2021 WIB Last Updated 2021-09-18T04:48:35Z

 

Dok: Istimewa

PAREPAREINFORMASI.COM - Aksi World Clen Up Day (WCD) atau hari bersih sedunia tahun 2021 di Kota Parepare telah terselenggara dengan tema SISAPA (Siap Sadar Sampah) di Pantai Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, Sabtu (18/9).


Informasi terbaru, aksi WCD ini digelar secara serentak di 162 Negara. Kota Parepare menjadi salah satu daerah kegiatan WCD dengan melibatkan berbagai instansi pemerintah, masyarakat dan 52 organisasi/komunitas di Kota Parepare.


Secara resmi, aksi sosial WCD dibuka oleh Walikota Parepare yang diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Parepare, Budi Rusdi ditandai dengan pendatanganan petisi peduli lingkungan.


Dok: Istimewa

"Aksi sosial yang dilakukan secara global bukan hanya di Kota Parepare,tetapi seluruh relawan bumi ini secara serentak melaksanakan WCD," ucap Budi Rusdi, saat membacakan sambutan Walikota Parepare, Taufan Pawe.


Selain itu,aksi sosial ini melibatkan 1000 relawan dengan target penanganan sampah 4 sampai 5 ton. Dimana pelaksanaan WCD ini juga dilakukan disetiap kecamatan yang melibatkan 200 relawan dengan mengajak dan mengedukasi masyarakat tentang sampah.


Dalam sambutan yang ditulis oleh Walikota Parepare ia menyebutkan agar WCD ini menjadi momentum dalam meningkatkan kepedulian akan kebersihan Kota Parepare.


"Besar harapan saya melalui WCD ini dapat menjadi momentum dan langkah awal bagi kita semua untuk meningkatkan kepedulian akan kebersihan Kota Parepare dari limbah yang tidak terkelolah dengan baik, khususnya limbah plastik," harapnya.


Sementara, Ketua Panitia WCD Kota Parepare, Nasli Paris mengatakan aksi WCD ini telah berlangsung selama empat tahun dan mendapatkan dukung dari pemerintah kota.


Dok: Istimewa

"Alhamdullilah Pemkot Parepare mendukung kegiatan kami. Bahkan dari jajaran pemerintah daerah sampai RT/RW semuanya ikut berpartisipasi di kecamatan masing-masing. Begitupun dibawah instansi Kementerian Agama mereka melakukan di MA dan kantor urusan agama," kata Nasli.


Nasli pun mengungkapkan kegiatan WCD ini bukan hanya simbolis pada hari ini saja. Namun, ada follow up dari kegiatan WCD tersebut.


"Hari ini bukan hanya simbolis WCD, tapi ada follow up dari kegiatan ini," tegas Nasli Paris, saat ditemui.


Salah seorang relawan,Yuni dari Organisasi SC-MiPa mengatakan ia berpartisipasi pada aksi WCD sebagai bentuk kepedulian akan kebersihan Pantai.


"Saya kasihan lihat tempat wisata di Parepare ini tercemar dengan sampah plastik, kalau diurai butuh waktu lama. Jadi inisiatif teman-teman juga kita turun ke lapangan langsung seperti ini supaya terjaga kebersihan pantai," ungkap Yuni.


(hi)

×
Berita Terbaru Update