Notification

×

Iklan

Iklan

Peringati Hari Perempuan Internasional, Massa di Parepare Suarakan Pengesahan RUU PKS

Senin, 08 Maret 2021 | Maret 08, 2021 WIB Last Updated 2021-03-08T07:31:00Z
dok istimewa
PAREPAREINFORMASI.COM - Puluhan massa yang tergabung dalam Aliansi Pembebasan Perempuan (APP) Parepare menggelar aksi demo dalam memperingati Hari Perempuan Internasional atau International Women,s Day (IWD) yang jatuh pada hari ini, Senin, (8/3/2021).


Mereka melakukan aksi di pertigaan Jl. Jend. Sudirman, kemudian menuju ke Tugu Pramuka dilanjutkan menuju ke depan Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun.


Dalam aksinya mereka menuntut UU yang merugikan perempuan agar segera dicabut dan mendesak pemerintah untuk segera mengesahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS).


Melansir Kompas.com, Senin (8/3/2021), Hari Perempuan Sedunia pertama akhirnya dirayakan pada 19 Maret 1922 di tiga negara. Yaitu Austria, Denmark, Jerman, dan Swiss, sebagaimana sesuai kesepakatan di Kopenhegen.


Namun, sebuah kejadian tragis terjadi Amerika Serikat pada tanggal 25 Maret 1911. Sebuah kebakaran merenggut ratusan pekerja wanita.


Kejadian ini lantas menarik perhatian tentang kondisi pekerja dan undang-undang ketenaga-kerjaan di Amerika Serikat, yang menjadi fokus diskusi ulang hari perempuan internasional berikutnya.


Setelah melalui beberapa perundingan ulang, akhirnya hari perempuan sedunia atau International Women's Day, ditetapkan pada tanggal 8 Maret setiap tahunnya.(mha)



×
Berita Terbaru Update