Notification

×

Iklan

Iklan

Awan Hitam Bergelombang Muncul di Langit Kota Parepare Sulsel

Rabu, 09 Desember 2020 | Desember 09, 2020 WIB Last Updated 2020-12-09T01:31:00Z

Awan hitam bergelombang muncul di langit Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Rabu (9/12/2020) pagi sekitar Pukul 07.00 Wita.

PAREPAREINFORMASI.COM - Fenomena Awan Kumulonimbus atau awan hitam bergelombang muncul di langit  Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Rabu (9/12/2020) pagi sekitar Pukul 07.00 Wita.


Fenomena Awan Kumulonimbus tersebut ramai-ramai diabadikan sejumlah warga Kota Parepare.


Awan hitam bergelombang tersebut mucul sesaat sebelum hujan deras mengguyur Kota Parepare dan sekitarnya sejak Pukul 07.30 WITA.


Salah satu foto yang diabadikan netizen Parepare Informasi, dari daerah Tegal Kota Parepare.


Artikel yang dilansir TribunTimur.com, dari situs wikipedia Awan Kumulonimbus (Cb) adalah sebuah awan vertikal menjulang (keluarga D2) yang sangat tinggi, padat, dan terlibat dalam badai petir dan cuaca dingin lainnya.


Kumulonimbus berasal dari bahasa Latin, "cumulus" berarti terakumulasi dan "nimbus" berarti hujan. Awan ini terbentuk sebagai hasil dari ketidakstabilan atmosfer.


Awan-awan ini dapat terbentuk sendiri, secara berkelompok, atau di sepanjang front dingin di garis squall. Awan ini menciptakan petir melalui jantung awan.


Awan kumulonimbus terbentuk dari awan kumulus (terutama dari kumulus kongestus) dan dapat terbentuk lagi menjadi supersel, sebuah badai petir besar dengan keunikan tersendiri.(mha)


×
Berita Terbaru Update