Notification

×

28 Juni, Muhammadiyah Parepare Pusatkan Salat Iduladha di Andi Makkasau

Senin, 26 Juni 2023 | 22.00 WIB Last Updated 2023-06-27T04:19:58Z
Foto : Ilustrasi 

PAREPAREINFORMASI.COM -- Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Parepare memusatkan pelaksanaan salat Iduladha di Lapangan Andi Makkasau. Salat Iduladha itu akan berlangsung pada Rabu (28/6/2023) pukul 07.15 WITA.


Muhammadiyah Parepare ikut pada maklumat PP Muhammadiyah tentang jadwal pelaksanaan salat Iduladha. PP Muhammadiyah menetapkan 1 Zulhijjah bertepatan 19 Juni. Olehnya itu Iduladha atau 10 Zulhijjah jatuh pada 28 Juni 2023.


"Ini berlaku bagi seluruh PD Muhammadiyah se Indonesia. Maklumat ini sudah menetapkan bahwa 1 Zulhijjah 19 Juni 2023 maka 10 Zulhijjah itu jatuhnya pada Rabu Kliwon tanggal 28 Juni," ungkap Ketua Panitia Pelaksanaan Salat Iduladha Muhammadiyah Parepare, Kaharuddin Kadir kepada media, Senin 26 Juni 2023.


PD Muhammadiyah Parepare telah mendapat izin penggunaan Lapangan Andi Makkasau untuk salat Iduladha. 


"Alhamdulillah persetujuan bapak walikota untuk penggunaan Andi Makkasau sudah keluar. Secara final, pelaksanaan salat Iduladha PD Muhammadiyah akan dilaksanakan pada Rabu 28 Juni pukul 7.15 pagi," ungkap Ketua DPRD Parepare itu.


Politisi Golkar itu menjelaskan pelbagai susunan acara salat Iduladha tersebut. Pelaksanaan salat Iduladha akan dimulai dengan sambutan Ketua PD Muhammadiyah Parepare Dr. Mahsyar.


"Kemudian pelaksanaan salat Iduladha yang dipimpin Imam Masjid Annida Ustaz Muhammad Fikry Hasyim. Dilanjutkan pembacaan Khotbah oleh Khatib Ustaz Saiful Amir," jelasnya.


Kaharuddin mengungkapkan Lapangan Andi Makkasau merupakan lokasi strategis bagi seluruh jemaah Muhammadiyah di Parepare. Ia memastikan lokasi salat Iduladha mudah dijangkau seluruh jemaah.


"Semua masjid Muhammadiyah ditutup. Kecuali kalau hujan. Kalau hujan, panitia memutuskan, semua masjid Muhammadiyah itu terbuka bisa digunakan hari Rabu dan khatibnya sudah siap semua," ujarnya.


Kaharuddin bersama seluruh panitia mewanti-wanti sampah berserakan pasca salat Iduladha. Ia pun menyepakati akan melakukan pembersihan setelah salat Iduladha.


Selain itu, panitia juga akan menyiapkan spot foto di tiga titik. Selanjutnya, di pelaksanaan salat Iduladha itu akan ada penyampaian hewan kurban oleh PD Muhammadiyah bersama ortom dan amal usahanya serta sejumlah koordinator PD Muhammadiyah. (rdi)

×
Berita Terbaru Update