Notification

×

Telah Diserahkan ke Pemkot 5 tahun lalu, PSU Malah Dibiarkan tak Tersentuh, Bermohon penerangan ke PJU, Disuruh Beli Material Sendiri

Sabtu, 27 Mei 2023 | 16.46 WIB Last Updated 2023-05-27T08:46:42Z
Foto : Ilustrasi

PAREPAREINFORMASI.COM -- Pengembang mengeluhkan prasarana, sarana dan utilitas umum (PSU) yang diserahkan ke Pemkot Parepare. Pasalnya, setelah diserahkan justru diabaikan.


Seperti contohnya di Perumahan Valley Mario. PSU perumahan tersebut sudah diserahkan lima tahun lalu namun belum ada satu sentuhan pun dari Pemkot. Lanjutan perbaikan PSU pun diambil alih pengembang.


"Sudah 5 tahun diserahkan tidak ada perhatian. Tidak ada lampu jalan saja dimasukkan. Kami juga sudah bermohon untuk perbaikan jalan. Tapi tidak ada tanggapan. Makanya kami kerja sendiri jalannya," beber Sekretaris Forum Pengembang Ajatappareng (FPA) Asy'ari Abdullah.


Tak hanya itu, pihak pengembang juga pernah mengusulkan pengadaan lampu jalan. Alih-alih dikabulkan, Pemkot justru minta pengembang mengongkosi alat dan biaya kerjanya.


"Contoh lagi kami bermohon penerangan jalan ke PJU juga kami tidak diberi. Malah kami disuruh beli material sendiri dan memberi upah kerja ke pihak PJU untuk pengerjaan," ungkap Wakil Ketua Apersi Sulsel itu.


Begitu pula dengan kondisi ruang terbuka hijau (RTH). Tidak ada penataan, RTH justru menjadi semak belukar.


Perumahan lainnya, Sawitto Indah juga mengalami hal yang sama. Setelah diserahkan, dibiarkan terbengkalai. Lampu dan jalannya tidak diperbaiki pemerintah.


Sebelumnya, Pemkot melalui Dinas Perkimtan meminta agar pengembang cepat menyerahkan PSU. Tercatat sebanyak 171 perumahan di Kota Parepare. 134 di antaranya belum menyerahkan aset PSU ke Pemerintah Kota. 37 lainnya sudah menyerahkan. 


"Ada regulasi yang telah menjadi pedoman mereka. Itu tercantum dalam Perwali nomor 20 tahun 2019. Tentang tata cara penyerahan PSU. Di dalamnya, juga telah terdapat sanksi bagi pengembang yang lalai dari tanggung jawabnya," kata Kabid Perumahan Dinas Perkimtan Kota Parepare, Andi Hasbullah.


Kata dia, tujuan dari PSU itu agar masyarakat Parepare di perumahan tersebut juga dapat menikmati pembangunan dari pemerintah. Seperti, jalan, drainase, RTH, dan infrastruktur juga layanan publik lainnya. 


Menurut Hasbullah, penyerahan PSU bisa membawa manfaat. Seperti perbaikan jalan. Ia menyebut penyerahan PSU untuk kenyamanan 


"Ini semata hanya untuk masyarakat atau user perumahan sehingga diberikan penekanan kepada pengembang untuk menjalankan tanggung jawabnya," pungkas dia. (ard/pi)

×
Berita Terbaru Update