Notification

×

Parepare Kembali Raih Piala Adipura Tahun 2022

Selasa, 28 Februari 2023 | 21.45 WIB Last Updated 2023-02-28T13:45:46Z
Foto : Dok/Ist

PAREPAREINFORMASI.COM -- Kota Parepare di Provinsi Sulawesi Selatan kembali meraih Piala Adipura tahun 2022 kategori kota sedang atas keberhasilan dalam pengelolaan kebersihan lingkungan.


Penghargaan Adipura tersebut diterima langsung oleh  Wali kota Parepare Taufan Pawe, dari Menteri KLHK RI, Sitti Nurbaya di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Pemerintah Manggala Wanabakti, Jakarta,28/2/23


Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan, penghargaan ini patut dikejar kepala daerah. Mengingat, Piala Adipura tersebut penanda pemerintah daerah itu telah berhasil dalam menjaga kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.


"Adipura adalah penghargaan kepada kota-kota yang sudah melakukan pekerjaan yang keras dari hulu ke hilir terkait pengelolaan sampah dan juga melakukan pengelolaan TPA dengan baik," katanya.


Sementara Wali Kota Parepare, Taufan Pawe (TP) memberikan apresiasi dan berterimakasih kepada masyarakat Kota Parepare yang telah berkejasama serta berperan dalam menjaga lingkungan. Sehingga Piala Adipura kembali didapatkan.


“Alhamdulillah, kerja-kerja kita, inovasi kita kembali mendapat pengakuan secara nasional. Kali ini karena keberhasilan kita dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan berbuah penghargaan Piala Adipura,” katanya.


Penghargaan Adipura kelima selama masa pemerintahan Taufan Pawe ini, dia persembahkan kepada masyarakat Parepare yang telah ikut peduli berpartisipasi dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan.


“Terima kasih, terima kasih semua atas kerja keras ta, DLH, semua SKPD terkait, petugas kebersihan, dan masyarakat yang berpartisipasi dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan. Ini bukti telah tercipta kolaborasi dan kerja-kerja terintegrasi antara Pemerintah dengan masyarakat,” ungkap Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini.


Diketahui Penghargaan Adipura 2022 diberikan kepada 258 Kabupaten/Kota se-Indonesia, atau 50,2 persen dari 514 Kabupaten/Kota di Indonesia. Adapun hasilnya adalah;

1. Kategori Adipura Kencana untuk 5 Kabupaten/Kota.

2. Kategori Adipura untuk 80 Kabupaten/Kota.

3. Sertifikat Adipura untuk 61 Kabupaten/Kota sebagai upaya pengelolaan samah dari sumbernya dengan baik.

4. Plakat untuk 4 Kabupaten/Kota, lokasi tematik dengan kondisi pengelolaan samah terbaik di Kabupaten/Kota.

×
Berita Terbaru Update