Notification

×

Api Lalap Rumah Panggung dan Kontrakan di Parepare, Seorang Warga Nyaris Terpanggang

Selasa, 31 Januari 2023 | 16.47 WIB Last Updated 2023-01-31T08:47:42Z
Foto : Dok/ist

PAREPAREINFORMAS.COM - Si jago merah melalap rumah kayu dan tiga petak kontrakan di Jalan Sapta Marga, Kelurahan Watang Soreang, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, pukul 05.38 Wita, Selasa (31/1/2023).


Kabid Damkar Kota Parepare, Syafruddin Sjam saat ditemui mengungkapkan, kebakaran yang terjadi di komplek TNI itu ada dua rumah yang terbakar, satu rumah panggung dan satu rumah kontrakan dengan penghuninya berjumlah tiga orang.


"Pada saat api yang mulai membesar, ada warga yang masih tertidur di kamar 2, dia tidak rasakan ada api sudah melalap seisi rumah," ungkapnya.


Kata Syafruddin, warga tersebut mulai tersadar dari tidur saat siraman air dari pemadam kebakaran.


"Saat kami melakukan penyiraman di rumah terbakar itu, warga yang tertidur itu merasakan air berjatuhan lalu kemudian berlarian panik keluar," ujarnya.


Saat tiba di lokasi lanjutnya, warga sempat protes soal lambatnya pemadam kebakaran tiba di lokasi. 


"Tadi itu bukan kami petugas pemadam yang lambat, tetapi pelapor ini melapor ke Call Center 112, lalu petugas Call Center 112 melapor ke pihak pemadam kebakaran," tutur Pallung, sapaan akrabnya.


Petugas pemadam tiba di lokasi, 3 menit setelah menerima laporan itu. Namun akses yang menjadi kendala saat proses pemadaman.


"Karena tidak ada jalur untuk masuk ke situ, jadi kami buat jalur sendiri dengan melewati lahan warga. Tadi armada yang kita kerahkan itu 3 mobil penembak, 4 mobil tangki atau penyuplai dan 1 mobil rescue," tandas Syafruddin Sjam.


Lebih jauh dia menyampaikan kepada masyarakat soal kontak layanan aduan Silpa Damkar Parepare.


"Jadi masyarakat Parepare apabila ada keluhan atau emergensi, bisa melayani ke layanan Silpa Damkar Parepare 08114121754, agar cepat ditindaklanjuti. Kami siap melayani 24 jam," pungkas Syafruddin.


Belum diketahui persis penyebab kebakaran ini, namun diduga akibat arus pendek listrik. Akibat kejadian ini, kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.

×
Berita Terbaru Update