Notification

×

Damkar Parepare Kini Miliki Alat SCBA, Permudah Personel Tangani Kebakaran Hebat

Senin, 14 November 2022 | 17.16 WIB Last Updated 2022-11-14T09:16:52Z
Foto : Dok/ist
PAREPAREINFORMASI.COM - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Parepare dilengkapi dengan 2 unit Self Contained Breathing Apparatus (SCBA) atau alat khusus bantuan pernapasan saat bertugas dalam menghadapai medan sulit pada kejadian kebakaran.


Kabid Damkar Damkar Kota Parepare, Syafruddin Sjam mengatakan, SCBA atau alat bantuan pernapasan ini sangat dibutuhkan oleh petugas Damkar, khususnya saat kejadian kebakaran yang menimbulkan kepulan asap atau zat kimia yang dapat mengancam keselamatan petugas.


"Terutama saat menghadapi kondisi yang sulit, misalnya saat penyelamatan korban dan asap beracun, atau gas saat turun ke sumur,” jelasnya, Senin (14/11/2022).


Kata Pallung sapaan akrabnya, dari beberapa kejadian kebakaran yang ditangani pihaknya, kerap mengancam keselamatan personelnya saat melakukan pemadaman.


"SCBA ini wajib dimiliki Damkar Parepare. Sejumlah objek vital juga ada di Kota Parepare. Seperti Depot Pertamina. SCBA ini baru dimiliki Damkar Parepare," tuturnya.


Lebih lanjut, Syafruddin menjelaskan, masker khusus itu didukung dengan sejumlah komponen penting, di antaranya tabung udara sebagai penyimpan cadangan udara, regulator untuk mengatur tekanan udara, penghubung pernafasan berupa corong atau katup dan masker wajah yang memungkinkan pengguna menghirup udara bersih dari tabung udara sekalipun di tengah asap tebal.


"SCBA ini mempermudah personel melakukan pemadaman. Alat ini dilengkapi dengan pengunci di bagian pinggang dan gantungan bahu sehingga berfungsi sebagaimana tas ransel," pungkasnya.

×
Berita Terbaru Update