Notification

×

Satlantas Parepare Akan Gelar Operasi Patuh 2022, Ini Sasaran dan Penindakannya

Minggu, 12 Juni 2022 | 14.29 WIB Last Updated 2022-06-12T06:29:44Z
Foto : Dok/ist

PAREPAREINFORMASI.COM -- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Parepare akan menggelar Operasi Patuh, serentak dilaksanakan pada tanggal 13 sampai 26 Juni 2022 mendatang. Operasi Patuh 2022 yang dilaksanakan kepolisian untuk mengatur dan menindak pelanggaran lalu lintas, Minggu (12/6/2022).


Kasat Lantas Polres Parepare, AKP Muhammad Yusuf mengatakan, pihaknya menargetkan penegakan hukum dan upaya untuk menumbuhkan kepatuhan terhadap tata tertib berlalu lintas. Selain itu juga sebagai langkah mengurangi lokasi kemacetan serta menekan angka fatalitas kecelakaan.


"Operasi Patuh 2022 kami laksanakan nantinya dengan mengedepankan giat edukatif, persuasif serta humanis yang didukung penegakan hukum dalam berlalu lintas secara elektronik. Sehingga tujuan terciptanya masyarakat yang tertib dan patuh hukum dalam berlalu lintas," jelasnya.


Menurut mantan Kasat Lantas Wajo itu, operasi patuh yang digelar pihaknya nanti itu, dapat segera terwujud serta membantu masyarakat dalam mencegah dan meminimalisir penyebaran covid-19.


"Selain pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan, sasaran pelaksanaan operasi kali ini juga untuk meminimalisir kemacetan yang menghambat kelancaran masyarakat pengguna jalan," ujar Yusuf.


Upaya rekayasa lalu lintas, himbauan dan edukasi bahkan sampai giat penegakan hukum lanjutnya, akan ditempuh demi menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas.


Catat ! 8 sasaran pada pelaksanaan Operasi Patuh 2022 diantaranya :


1. Penggunaan knalpot bising

2. Kendaraan yang menggunakan rotator / lampu Strobo tidak sesuai peruntukannya

3. Balap liar

4. Melawan arus

5. Menggunakan HP saat mengemudi

6. Tidak mengenakan helm SNI

7. Tidak mengenakan safety belt pada pengendara kendaraan roda 4 atau lebih

8. Sepeda motor yang berboncengan lebih dari 1 orang.


(hm/pi) 

×
Berita Terbaru Update