Notification

×

Pembenahan Terus Dikebut, Bukti Keseriusan Taufan Pawe Jadikan Stadion Gelora BJ Habibie Standar Liga 1

Selasa, 21 Juni 2022 | 13.03 WIB Last Updated 2022-06-21T05:03:58Z
Walikota Parepare, Taufan Pawe | Foto : Dokumentasi
PAREPAREINFORMASI.COM -- Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare terus kebut pembenahan Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) dalam menyambut tim verifikasi PT LIB. Itu merupakan bentuk keseriusan Walikota Parepare, agar memenuhi standar Liga 1 untuk homebase PSM Makassar, Selasa (21/6/2022).


Tak ayal, pembenahan stadion yang berkapasitas 20 ribu penonton itu dikerjakan oleh kontraktor profesional. Hal itu diungkap Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, yang ditemui saat memantau pembenahan rumput stadion sore kemarin.


"Kesempatan ini kita hadir bersama untuk membuktikan bahwa kami bergerak menyambut verifikasi dari Tim Liga 1. Ada beberapa memang bagian-bagian harus dibenahi. Yang paling menonjol adalah lapangan, karena lapangan ada kemiringan-kemiringan di beberapa titik," ungkapnya.


Wali Kota dua periode itu menuturkan, pembenahan Stadion Gelora BJ Habibie yang saat ini tengah berproses, memakai kontraktor profesional yang harus bertanggungjawab dalam 50 hari untuk layak lolos verifikasi sebagai Home Base PSM.


"Saya mau target minimal 1000 lux pencahayaan. Kalau itu tercapai, maka komponen kedua bisa terpenuhi. Komponen ketiga adalah akses jalan evakuasi," ujar Taufan Pawe.


"Kemarin kita semua rasakan, setelah pertandingan (laga uji coba PSM vs Sulut United) segitu rumitanya, susahnya kita keluar arah pulang. Nantinya kami coba melakukan rekayasa lalu lintas," sambung Ketua DPD I Golkar Sulsel itu.


Rekayasa lalu lintas ini menurutnya, tentu harus duduk bersama, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Parepade dengan Satlantas. Bagaimana merekayasa lalin ini. 


"Saya optimis untuk itu. Berdoalah, mudah-mudahan komponen-komponen inti ini (segera rampung). Kalau yang lain-lain saya rasa tidak menjadi sesuatu yang serius lah. Pembenahan ruang ganti, ruang pemain dan lain-lain akan dioptimalkan," ucap TP akronim Taufan Pawe.


Dalam memenuhi tiga komponen seperti rumput, lampu hingga jalur evakuasi, dia memerintahkan Dinas PUPR dan Kepala Dinas Olahraga dan Kepemudaan bergerak masif.


"Jangan kasi ruang dan waktu. Kita buktikan bahwa semua bisa tersedia dan menjadi persyaratan dalam verifikasi Liga1. Saya tanyakan tadi rekanan yang kerja rumput, dia katakan kami siap untuk 50 hari," tukas Taufan Pawe.


Taufan Pawe menyebutkan, anggaran yang dikucurkan pada waktu lalu dalam pembenahan Stadion Gelora BJ Habibie, kurang lebih Rp 3 miliar.


Sebelumnya, PT LIB memberi waktu selama 50 hari untuk membenahi Stadion Gelora BJ Habibie Parepare agar bisa lolos verifikasi menjadi home base PSM Makassar. Dalam catatan PT LIB, yang perlu dilakukan pembenahan yakni, kontur lapangan tidak merata dan penerangan.


(hm/pi) 



×
Berita Terbaru Update