Notification

×

GP Ansor Parepare Peringati Harlah ke-88 di Klenteng Kwan Kong, Bukber dengan Warga Tionghoa

Senin, 25 April 2022 | 15.56 WIB Last Updated 2022-04-25T07:56:38Z
Foto : Dok/ist
PAREPAREINFORMASI.COM -- Potret keindahan toleransi antar umat beragama terpampang nyata di tempat ibadah warga Tionghoa, yakni Klenteng Kwan Kong Parepare, Sulawesi Selatan. Pasalnya, penganut Agama Konghucu tersebut menyajikan buka puasa untuk umat Islam.


Pengurus Klenteng enggak sungkan melayani warga muslim yang datang. Menu yang disiapkan juga beragam. Ada es buah, kue dan nasi dengan lauk pauknya yang disajikan prasmanan.


Pengurus Klenteng Kwan Kong Parepare, Erfan Sutono mengatakan pihaknya menyajikan buka puasa untuk 180 umat muslim. Kata dia, momentum itu juga sekaligus memperingati Harlah (hari lahir) Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang ke-88. 


"Ini menjadi momentum yang sangat baik karena temanya moderasi beragama. Kita berharap apa yang dilakukan hari ini menunjukkan toleransi antar umat beragama harus dengan tindakan nyata," kata Erfan pada Minggu 24 April 2022.


Selain GP Ansor, kata dia, pihaknya juga mengundang beberapa Ormas dan organisasi kepemudaan.


"Kami undang KNPI, BKPRMI, dan beberapa Ormas di Parepare. Kami juga undang pengurus masjid dan warga di sekitar Klenteng," ujar dia. 


Ketua GP Ansor Parepare, Rusman Tosoga mengapresiasi kepedulian pengurus Klenteng Kwan Kong terhadap umat Islam. 


"Kami berterima kasih kepada saudara pengurus Klenteng Kwan Kong, ini menjadi bukti bahwa moderasi beragama bukan cuma teori tetapi kita tunjukkan lewat buka puasa bersama di Klenteng ini," kata Rusman. 


Sementara itu, salah seorang warga, Bahrum mengapresiasi indahnya kebersamaan antar umat berbeda agama di Klenteng Kwan Kong. Bagi Bahrum, kebersamaan tersebut merupakan momentum yang sangat indah. 


Selain buka puasa bersama, Klenteng Kwan Kong juga mendadak jadi tempat swafoto. Warga memanfaatkan momen itu berswafoto dengan latar patung dewa-dewa kepercayaan umat Konghucu. (asm/pi) 



×
Berita Terbaru Update