Notification

×

Di Umumkan Menparekraf, Enam Desa di Sulsel Masuk Nominasi 100 Besar ADWI 2022

Senin, 25 April 2022 | 16.40 WIB Last Updated 2022-04-25T08:40:16Z
Foto : ist
PAREPAREINFORMASI.COM -- Wisata alam Leppangeng yang terletak di Desa Leppangeng, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, masuk nominasi 100 besar pada event Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. 


Dari 34 provinsi yang ikut pada even tersebut, 6 desa di Sulawesi Selatan, yang masuk nominasi 100 besar yakni, Desa Wisata Wiring Tasi, Kabupaten Pinrang, Desa Wisata Campaga, Kabupaten Bantaeng, Desa Wisata Barania, Kabupaten Sinjai, Desa Wisata Matano Iniaku, Kabupaten Luwu Timur, Desa Wisata Leppangeng, Kabupaten Sidenreng Rappang, dan Desa Wisata Kambo, Kota Palopo.


Nominasi itu diluncurkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, melalui akun Instagram @sandiuno, menyebut, Anugerah Desa Wisata 2022 merupakan salah satu program unggulan dari Kemenparekraf, yang bertujuan untuk mewujudkan desa wisata yang berkelas dunia, berdaya saing global dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit, yang sekarang masih dalam tahap kurasi.


"SELAMAT ! Kami ucapkan bagi wisata yang berhasil LOLOS. Kepada seluruh desa wisata yang BELUM LOLOS 100 BESAR WISATA ADWI 2022 tetap terus tingkatkan Inovasi, Adaptasi dan Kolaborasi," tulisnya.


"Melalui pengisi data desa wisata di website Jadesta sebagai wadah arah Kemenparekraf dalam penyusunan rencana pengembangan desa-desa wisata di seluruh Indonesia," sambungnya.


Kepala Desa Leppangeng, Alias, saat dikonfirmasi, mengaku bangga dapat mengharumkan nama Kabupaten Sidrap melalui Wisata Desa Leppangeng di kanca Nasional.


"Alhamdulillah desa wisata kita di Sidrap masuk 100 besar ADWI 2022. Yakni Desa Leppangeng," kata Kepala Desa Leppangeng, Alias, Senin (25/4/2022).


Dia berharap dukungan dan support dari Pemda Sidrap dalam pengembangan Desa Wisata Leppangeng.


"Harapan kita bisa masuk 10 besar. Dukungan dan support pemda tentu juga sangat kami harapkan, begitupula doa dan dukungan masyarakat, sehingga bisa berbicara lebih jauh lagi dalam artian kami tidak berjalan sendiri," ujarnya.


ADWI 2022 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf/Baparekraf. 


Event ini bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi.(*) 



×
Berita Terbaru Update