Notification

×

Motor Tukang Ojek di Baubau Dicuri, Pelakunya Ternyata Tukang Ojek Juga

Jumat, 21 Januari 2022 | 00.05 WIB Last Updated 2022-01-20T16:05:44Z
Konferensi pers penangkapan pelaku curanmor di Baubau. Foto: Istimewa.
PAREPAREINFORMASI.COM - Seorang tukang ojek di Kota Baubau bernama La Iwan (24) menjadi korban pencurian kendaraan bermotor (curanmor) saat memarkir motornya di bawah pohon dekat Asrama Unidayan, Kelurahan Katobengke, Kecamatan Betoambari, Senin (20/12/2021) lalu.


Sehari kemudian, personel Polsek Murhum berhasil mengamankan pelaku berinisial DH alias DD (24) yang juga ternyata berprofesi sebagai tukang ojek.


Dalam konferensi pers, Rabu (19/1/2022), Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo menjelaskan aksi pencurian tersebut berawal saat pelaku mendatangi Asrama Unidayan sekitar pukul 18.50 WITA.


“Dia bertamu di salah satu rumah indekos mahasiswi dan sekitar jam 19.00 WITA, mahasiswi tersebut melaksanakan salat isya, sementara pelaku ditinggal sendiri di teras rumah indekosnya,” jelasnya.


Entah apa yang merasuki pelaku, dia kemudian langsung berinisiatif mengambil motor yang tengah terparkir di bawah pohon dekat daerah tersebut.


Berbekal kunci T, pelaku mulai mendekati motor tersebut dan menjalankan aksinya untuk berusaha membobol lubang kunci motor tersebut.


“Pelaku mengambil kunci T dari dalam saku celananya, kemudian kunci tersebut dimasukkan ke lubang kunci kontak motor perlahan-lahan diputar searah jarum jam sampai berhasil,” imbuhnya.


Setelah motor tersebut berhasil dia nyalakan, tanpa pikir panjang langsung dibawa pergi dari tempat tersebut.


Korban yang tersadar motornya dicuri kemudian melapor ke Polsek Murhum, dan sehari kemudian pelaku berhasil diamankan di Kelurahan Palabusa.


Saat diamankan, polisi menemukan barang bukti berupa 1 unit motor merk Yamaha M3 warna hitam, 1 buah kunci T, dan 1 buah mata kunci T.


Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 ayat 3e dan 5e KUHP dengan ancaman tujuh tahun penjara.(*)



×
Berita Terbaru Update