Notification

×

Operasi Patuh 2021 Mulai Digelar, Catat Jadwalnya

Selasa, 21 September 2021 | 13.03 WIB Last Updated 2021-09-21T05:03:56Z

 

Foto: Ilustrasi Opersi Patuh

PAREPAREINFORMASI.COM - Kepolisan Resor (Polres) Parepare menggelar operasi kepolisian kewilayahan patuh tahun 2021 yang rutin dilaksanakan setiap tahun secara serentak di Indonesia, Selasa (21/9).


Sesuai surat edaran Kapolda Sulawesi Selatan beserta jajaran Polres bahwa operasi patuh dilaksanakan selama 14 hari, terhitung 20 September sampai 3 Oktober 2021.


Dengan mengusung tema "Kita tingkatkan disiplin protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas dalam rangka mencegah penyebaran covid-19 serta mewujudkan kamseltibear lantas yang mantap".


Operasi patuh tahun 2021 merupakan operasi cipta kondisi kamseltibear lantas di tengah pandemi covid-19 dengan mengutamakan cara bertindak persuasif edukatif humanis terhadap pelaku pelanggar lalu lintas dan pelanggar protokol kesehatan.

Foto: IG @satlantaspolresparepare

Adapun delapan jenis pelanggaran yang dijadikan sasaran operasi pelanggaran yang dapat menyebabkan terjadinya fatalitas korban laka lantas yaitu sebagai berikut.


1.Pengendara bermotor yang tidak menggunakan helm standar SNI.


2.Pengemudi yang tidak menggunakan Safety Belt.


3.Pengemudi atau pengendara yang melebihi batas kecepatan.


4.Pengemudi dalam keadaan pengaruh alkohol.


5.Pengendara yang melawan arus. 


6.Pengemudi dibawah umur.


7.Pengemudi yang menggunakan handphone saat berkendara.


8.Kendaraan yang menggunakan lampu strobo, rotator, dan sirine yang tidak sesuai peruntukannya.


Kepala Kepolisian Resor Parepare (Kapolres) AKBP Welly Abdillah mengungkapkan penanganan pelanggaran tersebut akan menggunakan pendekatan humanis dan edukasi.


"Secara persuasif humanis dengan memberikan tindakan teguran kepada pelanggar. Selain tindakan teguran, juga dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi secara masif kepada seluruh lapisan masyarakat tentang disiplin dalam berlalu lintas, penerapan protokol kesehatan," ungkap Abdillah saat Apel jelang operasi patuh di Gedung Baruga Pratistha, Senin (20/9).


Pelaksanaan operasi patuh ini akan menegakkan protokol kesehatan dengan memperhatikan keamanan dan standar operasional prosedur yang ada dan melaksanakan secara humanis.


"Kepada Polri lakukan tugas operasi patuh secara profesional dengan persuasif, humanis sehingga tidak menimbulkan komplain dari masyarakat," harapnya.


(hi)

×
Berita Terbaru Update