Notification

×

Dipenghujung Ramadhan, Masjid Nurul Mukhlisin Parepare Gelar Shalat Tasbih Berjamaah

Selasa, 11 Mei 2021 | 02.53 WIB Last Updated 2021-05-10T18:53:03Z
Masji Nurul Mukhlisin Parepare (dok : istimewa)

PAREPAREINFORMASI.COM - Tepat pada malam ke 29 Ramadhan Masjid Nurul Mukhlisin Parepare yang berada di Jl. Kelapa Gading Kecamatan Bacukiki Barat menggelar kegiatan Shalat Tasbih bersama. Kegiatan tersebut dalam rangka mengharapkan berkah pada pelaksanaan ibadah di bulan Ramadan.


Dengan diikuti secara bersama-sama oleh beberapa jamaah pria maupun ibu-ibu pada Selasa (11/5), pukul 01.00 WITA dini hari.


Sebelum pelaksanaan shalat tasbih, Ustadz Abdullah yang akan memimpin shalat tasbih menyempatkan diri untuk mengingatkan bagaimana tata cara pelaksanaan shalat tasbih empat rakaat ini.


"Seperti yang dijelaskan dalam hadist Rasullullah Muhammad Saw ia mengajarkan kepada pamannya Abbas bin Abdul muttalib bahwa salat tasbih diisi dengan membaca tasbih sebanyak 300 kali, yang dibagi secara empat rakaat dengan demikian setiap rakaat seseorang akan membaca 75 kali tasbih," jelas Ustadz Abdullah yang juga Pimpinan Pondok Tahfidz Quran As Shadiqin Parepare



"Jumlah 75 kali tasbih tersebut dibagi bagi kembali ke dalam setiap gerakan salat. Setelah membaca surat Alfatiha dan surah pendek kemudian seorang yang salat tasbih membaca tasbih 15 kali," lanjutnya.


Setelah usai tasbih rukuk, iktidal, tasbih sujud pertama, duduk di antara dua sujud, tasbih sujud kedua dan duduk istirahat sebelum berdiri melanjutkan rakaat. Jadi dalam setiap gerakan salat jumlah total membaca tasbih sampai 300 kali dibagi 4 rakaat," tutupnya.


Setelah memberikan penjelasan kepada jemaah, shalat tasbih dimulai, lampu masjid dimatikan.


Usai pelaksanaan shalat tasbih, dilanjutkan makan sahur bersama.


(mha/pi)

×
Berita Terbaru Update