Notification

×

Keutamaan Malam Lailatul Qadar, Terbaik dari Seribu Bulan

Kamis, 29 April 2021 | 19.57 WIB Last Updated 2021-04-29T11:57:07Z
foto : shutterstock

PAREPAREINFORMASI.COM - Bulan suci Ramadan merupakan bulan yang dipenuhi keberkahan dan kemuliaan, hal ini dibuktikan dengan adanya malam Lailatul Qadar atau yang biasa disebut juga dengan malam seribu bulan pada bulan Ramadan. Walau tak bisa dipastikan kapan tepatnya terjadinya malam Lailatul Qadar, namun malam Lailatul Qadar terjadi pada 10 hari terakhir di bulan Ramadan pada hari-hari ganjil. 


Menjadi malam yang istimewa, ini 5 keutamaan malam Lailatul Qadar yang paling ditunggu-tunggu semua umat muslim.


1. Malam yang mulia

Seperti namanya, "Malam Seribu Bulan" merupakan malam yang paling mulia dan lebih baik dari seribu bulan. Maka dari itu di malam inilah menjadi kesempatan para umat muslim berlomba-lomba memperbanyak ibadah dan melakukan amalan-amalan lainnya.


2. Malam diturunkannya Alquran

Allah SWT berfirman:


"Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam qadar." (Q.S Al Qadar : 1)


Hal ini salah satu alasan mengapa bulan Ramadan menjadi bulan yang mulia karena merupakan bulan di mana diturunkannya Alquran melalui nabi Muhammad SAW pada malam Lailatul Qadar.


3. Malaikat-malikat turun ke bumi

Allah SWT berfirman:


"Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan" (Q.S Al-Qadar : 4)


Pada malam Lailatul Qadar para malaikat akan diturunkan ke bumi dengan membawa berkah dan rahmat. Di sinilah malaikat-malaikat akan berada di sekeliling orang-orang yang sedang melakukan ibadah dan berzikir pada malam Lailatul Qadar.


4. Malam ditulisnya takdir satu tahun ke depan

Pada malam Lailatul Qadar, malaikat akan mencatat takdir setiap makhluk untuk satu tahun ke depan yang sudah ditetapkan oleh Allah. 


5. Dibukakan pintu ampunan

Menurut Abu Hurairah, nabi Muhammad SAW bersabda:


"Barangsiapa melakukan salat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (H.R Al Bukhari, An Nasa'i dan Ahmad).


Lima keutamaan yang ada pada malam Lailatul Qadar ini tentu menjadi kesempatan yang paling dinantikan oleh semua umat muslim. Oleh sebab itu, jangan sampai melewatkan malam yang mulia ini dengan memperbanyak ibadah dan banyak memohon ampunan kepada Allah SWT.


(Nursyamsi Kusuma Dewi)

×
Berita Terbaru Update