Notification

×

Iklan

Iklan

Hore, Bantuan Kouta Internet dari Kemendikbud 2021 Cair Hari Ini

Kamis, 11 Maret 2021 | Maret 11, 2021 WIB Last Updated 2021-03-11T06:12:17Z

Ilustrasi mahasiswa dan dosen yang menerima kuota gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(DOK. ANDROW PARAMA M.)

PAREPAREINFORMASI.COM - Bantuan kuota internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mulai disalurkan pada hari ini Kamis, (11/3/2021).


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan pihaknya akan melanjutkan kebijakan kuota ini selama 3 bulan ke depan yang mulai diberikan setiap pada tanggal 11-15 Maret dan setiap bulan akan diberikan pada tanggal-tanggal tersebut.


"Bantuan ini disalurkan setiap bulannya dari tanggal 11-15 tiap bulan. Jadi untuk pertama akan diberikan bulan ini sekitar tanggal 11 (Maret)," kata Nadiem, lewat konferensi pers di kanal YouTube Kemdikbud RI,(11/3/2021).


Dilansir dari laman Kemendikbud, rincian besaran kuota yang disalurkan adalah sebagai berikut:


- Peserta didik jenjang PAUD sebesar 7 GB,


- Peserta didik jenjang dasar dan menengah sebesar 10 GB


- Guru jenjang PAUD, dasar, dan menengah mendapatkan kuota 12 GB


- Mahasiswa dan dosen mendapatkan kuota sebesar 15 GB.


Kuota tersebut akan berlaku selama 30 hari sejak diterima. Penyaluran bantuan kuota akan disalurkan setiap tanggal 11 hingga 15 setiap bulan.


Dalam bantuan kuota internet Kemendikbud kali ini, tidak ada lagi pemisahan Kuota Belajar dan Kuota Umum, yang ada hanya Kuota Umum saja.


Keseluruhan bantuan kuota pada 2021 merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi kecuali yang diblokir oleh Kemenkominfo dan yang tercantum pada situs resmi bantuan kuota data internet Kemendikbud: http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id.


Adapun situs yang tidak bisa diakses menggunakan kuota Kemdikbud adalah:


Twitter

Instagram

Facebook

TikTok


Siapa yang bisa menerima bantuan kuota Kemdikbud?


Semua yang menerima bantuan kuota pada November-Desember 2020 dan nomornya aktif akan otomatis menerima bantuan kuota pada Maret 2021.


Tapi ada pengecualian, yaitu bagi mereka yang pernah mendapatkan bantuan, tapi tidak digunakan sampai habis atau penggunaannya di bawah 1 GB maka tidak bisa menerima lagi.


Lalu bagi yang nomornya berubah atau yang belum menerima kuota sebelumnya, mereka baru akan menerima bantuan pada bulan April, tidak bisa menerima di bulan Maret.


Mereka yang nomornya berubah atau belum menerima itu, harus harus lapor terlebih dahulu ke satuan pendidikan sebelum April 2021 untuk mendapatkan bantuan kuota.


Selain itu pimpinan/operator satuan pendidikan mengunggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) untuk nomor baru atau nomor yang berubah pada laman berikut:


http://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id (untuk jenjang PAUD, dikdas, dan dikmen) atau http://pddikti.kemdikbud.go.id (untuk jenjang pendidikan tinggi).


Untuk informasi terkait bantuan kuota Kemdikbud, masyarakat bisa mengakses laman: http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id. (*)

×
Berita Terbaru Update