Notification

×

Berikut 5 Situs Website Yang Bisa Cek Keaslian Video

Jumat, 13 November 2020 | 13.30 WIB Last Updated 2020-11-13T05:30:02Z
(daftar website untuk periksa keaslian video.(Foto: (dok : freepik))

Perkembangan teknologi saat ini sangat canggih, termasuk sudah bisa mengetahui video yang beredar di media sosial apakah asli atau sudah di edit.

Ada beberapa situs yang dapat diakses untuk mengetahui kesalian dari video tersebut.

Website sangat penting terutama di era digital sekarang ini yang sebagian besar hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah menggunakan smartphone dan media sosial.

Berikut lima situs website dilansir dari CNN Indonesia yang bisa mengecek keaslian video yang beredar di internet.

1. inVid Verification Plugin

InVid adalah plugin yang tersedia di Google Chrome dan Mozilla Firefox. Caranya, unggah gambar atau video ke sistem dan itu akan menunjukkan lokasi aslinya, tanggal pembuatan, thumbnail, dan bingkai utama.

Hal itu memungkinkan Anda membalikkan pencarian di Google dan Twitter, memperbesar gambar, menganalisis metadata dengan Image Verification Assistant.

2. Serelay

Pengguna dapat mengunggah gambar dan video ke aplikasi gratis ini dan itu akan melakukan serangkaian tes untuk menyimpulkan apakah gambar atau video yang telah dimodifikasi.

3. Suncalc

Suncalc adalah aplikasi yang membantu pengguna memverifikasi informasi dengan mencocokkan bayangan dalam video.

4. TinEye

Masyrakat dapat menggunakan aplikasi gratis ini untuk validasi foto dan video yang mereka temui di internet. TinEye menggunakan teknik komputasi untuk menentukan apakah piksel atau metadata tampak diubah.

5. YouTube Data Viewer

Alat ini menunjukkan kepada pengguna waktu upload video setelah mereka menyalin dan menempelkan link ke bilah pencarian. Dengan situs ini, pengguna juga dapat melihat thumbnail dan link untuk membalik pencarian gambar thumbnail.

Tim Parepare Informasi




×
Berita Terbaru Update