Notification

×

52 Kampus Keagamaan Utus Mahasiswa KKN Nusantara di Sulsel, IAIN Parepare Tuan Rumah

Rabu, 12 Juli 2023 | 19.20 WIB Last Updated 2023-07-12T11:20:54Z
Foto : Dok/Ist

PAREPAREINFORMASI.COM -- IAIN Parepare didapuk menjadi tuan rumah Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara Moderasi Beragama. Sebanyak 324 mahasiswa dari 52 perguruan tinggi keagamaan negeri (PTKN) pembekalan di Auditorium IAIN Parepare, Rabu 12 Juli 2023.


KKN Nusantara itu akan dilaksanakan di Tana Toraja mulai 11 Juli sampai 26 Agustus 2023. Peserta KKN itu akan dibagi 30 posko di Tana Toraja. Masing-masing posko diisi 10-11 mahasiswa.


Dari 52 kampus keagamaan, 4 di antaranya perguruan tinggi non muslim. Ke empatnya yakni Institut Agama Kristen Negeri Tana Toraja, Institut Agama Hindu Negeri Pontianak, Institut Agama Hindu Negeri Mataram dan Universitas Agama Hindu Negeri Denpasar.


Kasubdit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemenag RI, Muhammad Azis Hakim menjelaskan KKN Nusantara itu sebagai upaya menangkal paham intoleran. KKN Nusantara, kata dia, bertujuan memberi ruang bagi mahasiswa PTKN untuk memupuk spirit beragama yang moderat.


"Harapannya adalah dengan pergaulan yang lebih luas, bisa berinteraksi dengan masyarakat yang berlatarbelakang budaya dan keyakinan berbeda akan menumbuhkan spirit beragama yang moderat," jelasnya.


Azis berpesan agar peserta KKN Nusantara mengabdi dengan baik. Ia juga meminta agar pengalaman KKN Nusantara bisa ditularkan ke mahasiswa lainnya di kampus masing-masing.


"Tentu dalam konteks ini, mahasiswa juga memiliki tanggungjawab bukan semata apa yang didapatkan di sini untuk pribadi saja. Tetapi juga untuk ditularkan kepada kawan-kawannya di kampus masing-masing setelah KKN selesai," pesannya.


Rektor IAIN Parepare Dr Hannani menyambut ratusan mahasiswa KKN Nusantara Moderasi Beragama. Ia menyampaikan apresiasi kepada Kemenag atas kepercayaan memilih IAIN Parepare sebagai tuan rumah KKN Nusantara.


"Terimakasih kami ucapkan kepada Kemenag RI atas kepercayaan sebagai tuan rumah KKN Nusantara Moderasi beragama ini. Mudah-mudahan ini bisa menjadi sarana bagi kami untuk mengelola yang lebih besar ke depan," pungkasnya. (rdi)

×
Berita Terbaru Update