Notification

×

Jalani Akreditasi, RSUD Andi Makkasau Parepare Target Predikat Paripurna

Sabtu, 17 Juni 2023 | 21.57 WIB Last Updated 2023-06-17T13:57:50Z
Foto : Dok/Ist

PAREPAREINFORMASI.COM -- RSUD Andi Makkasau menjalani akreditasi rumah sakit. Sejumlah aspek pelayanan rumah sakit kebanggaan Parepare itu dicek langsung Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), 17-18 Juni 2023.


RSUD Andi Makkasau tentunya membidik akreditasi paling oke. Di bawah kendali dr Renny Anggraeni Sari, RSUD Andi Makkasau optimis bisa meraih akreditasi paripurna. Apalagi, mereka sudah pernah mencapai akreditasi kedua tertinggi yakni predikat madya.


"Akreditasi tujuannya adalah menjamin mutu layanan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Terakhir tahun 2017 kami akreditasi madya. Doakan rumah sakit Andi Makkasau bisa paripurna," harap Direktur RSUD Andi Makkasau dr Renny Anggraeni Sari.


Renny menyambut baik kedatangan tim KARS di RSUD Andi Makkasau. Ia mengungkapkan proses akreditasi itu sudah lama tertunda.


"Kami berupaya selalu melakukan perbaikan-perbaikan. Namun tentunya kami sadari masih banyak kekurangan yang ada di RS kami," ungkapnya.


Kendati demikian, Renny menegaskan hasil akreditasi paripurna bukan tujuan satu-satunya. Menurut Renny, yang paling penting yakni meningkatkan mutu layanan ke masyarakat. 


"Oleh karena itu kami sangat mengharapkan bimbingan dari tim akreditasi. Ke depan kami akan melakukan perbaikan terus menerus agar pelayanan di RS kami bisa terus meningkat," tuturnya.


Sementara itu, Ketua Tim KARS, drg. Wahida Budimansyah, M.Kes. FISQua menekankan proses akreditasi tidak lagi sama dari jaman dulu. Saat ini, kata dia, proses akreditasi itu berlangsung menyenangkan.


"Kami berusaha menjadi teman yang baik. Jika teman-teman di rumah sakit menemukan sesuatu yang dianggap tidak sesuai standar, seperti apa baiknya nanti dikondisikan bersama," ujarnya.


"Saya yakin teman-teman sudah berproses dengan baik. Jika sudah berproses dengan baik, insyaallah hasilnya akan baik," lanjut dia.


Tim KARS sebelumnya sudah melakukan telusur dokumen RSUD Andi Makkasau. Ia mengungkapkan ada kekurangan yang masih perlu perbaikan. "Silakan diperbaiki yang masih bisa diperbaiki. Nanti kita lihat di lapangan seperti apa," kata dia.


"Jadi dua hari ke depan akan menjadi hari yang menyenangkan bagi teman-teman rumah sakit," pungkasnya.


Sekadar diketahui, RSUD Andi Makkasau Parepare terakhir mencapai akreditasi predikat madya tahun 2017 lalu. Jika meningkat, RSUD bisa meraih predikat tertinggi yakni paripurna. (ard)

×
Berita Terbaru Update