Notification

×

FIFA Resmi Cabut Status Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Rabu, 29 Maret 2023 | 23.50 WIB Last Updated 2023-03-29T15:50:29Z

FIFA resmi batalkan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20. (AFP/INA FASSBENDER)


PAREPAREINFORMASI.COM - FIFA resmi mencoret status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.


Keputusan itu diambil setelah setelah Presiden FIFA Gianni Infantino menggelar pertemuan dengan Ketua Umum PSSI Erick Tohir di Doha, Qatar.


Keterangan resminya, FIFA akan segera mengumumkan pengganti tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.


Dalam keterangan induk organisasi sepak bola dunia itu, PSSI akan dijatuhi sanksi menyusul keputusan ini.


"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk mencopot Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023," tulis pernyataan FIFA pada Rabu (29/3/2023).


"Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah," imbuh pernyataan tersebut.


"Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya," sambung FIFA.


Meski demikian, FIFA menyatakan bahwa mereka tetap berkomitmen membantu Indonesia yang sedang melakukan transformasi sepak bola pasca-tragedi Kanjuruhan.


"FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Widodo, dalam proses transformasi sepakbola Indonesia pascatragedi yang terjadi pada Oktober 2022," tulis FIFA.


"Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang dibutuhkan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Presiden Thohir," tambahnya.


Setelah ini, FIFA akan mengadakan pertemuan dengan lanjutan dengan Erick Thohir dalam waktu dekat.


"Pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Presiden PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat," tulis FIFA. (*) 

×
Berita Terbaru Update