Notification

×

Gelar DJTD 2022 IAIN Parepare, Pemred LPM RedLine : Sampaikan Makna Yang Tersirat

Kamis, 13 Oktober 2022 | 13.55 WIB Last Updated 2022-10-13T05:55:29Z
Foto : Dok/ist
PAREPAREINFORMASI.COM -- Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) RedLine, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menggelar Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar (DJTD) 2022 Di Aula Serbaguna, IAIN Parepare, Rabu (12/10/2022).


Kegiatan DJTD 2022 mengusung tema "Menjadi Jurnalis Itu Mudah," itu dihadiri Oleh Dewan Redaksi LPM RedLine IAIN Parepare, Ira Maya Sopha, S.Tr.Ak., Ketua Senat Mahasiswa, Muh. Yunus, DEMA Institut IAIN Parepare, Muh. Zaldy Febry serta jajaran UKK/UKM IAIN Parepare.


Ketua Panitia, Nur Akhlia Fajrin mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta Diklat bahwa menjadi seorang jurnalis itu tidak sesulit yang dibayangkan.


"Sebab jika kita menyenangi terkait jurnalistik akan sangat mudah untuk mencapai keseruan saat liputan, " ungkapnya.


Menurutnya seorang jurnalis harus siap melalui segala bentuk proses yang akan membuat pola pikir mereka menjadi seorang jurnalis yang handal di lapangan kerja.


Selain itu, Pemimpin Redaksi, St. Suhaela menuturkan Kegiatan DJTD ini merupakan Pelatih dasar Calon Jurnalis Muda di lingkup kampus IAIN Parepare.


Sehingga, Dia mengungkapkan alasannya pelatihan DJTD difokuskan di lingkup IAIN Parepare sebab ingin melahirkan jurnalis yang berasal dari mahasiswa IAIN Parepare.


"Ini sasarannya memang untuk IAIN Karena kemarin kan Umum jadinya nantinya kita berharap jurnalis yang ada nantinya ini ada di IAIN Parepare, " ucapnya.


Olehnya itu, Dia mengatakan peserta yang berada di pelatihan DJTD ini akan dikembangkan sehingga bisa masuk jadi anggota magang di LPM RedLine.


"Jadi Proses dari kegiatan ini mereka akan magang di LPM RedLine, " tuturnya


Sitsul sapaan akrab St.Suhaela mengungkapkan kegiatan DJTD dibagi dengan 2 kategori yakni kegiatan Pra-DJTD dan DJTD.


"Kalau Kegiatan Pra- DJTD itu merupakan materi di luar jurnalistik sedangkan kegiatan Pembukaan DJTD akan memasuki materi terkait Jurnalistik, " imbuh Sitsul kepada awak media, Rabu (12/10/2022).


Menurutnya dari tema yang diangkat ada makna tersirat yang disampaikan bahwa sebenarnya menjadi jurnalis itu mudah.


"Banyak perusahaan media bisa menerima orang untuk menjadi jurnalis namun tidak banyak orang yang kemudian ingin menjadi jurnalis sebenarnya pesan itu yang kami hubungkan bahwa menjadi jurnalis itu mudah, " tuturnya.


Kedepannya Dia berharap lewat kegiatan ini para peserta bisa mampu menyerap ilmu kejurnalistikan yang berkompeten di wilayah jurnalistik.


Sementara itu. Peserta DJTD, Muh. Ali menyampaikan perasaan senang dalam mengikuti kegiatan DJTD.


"Sangat senang kak Karena bisa juga bertemu dengan Orang-orang yang hebat, " ungkapnya.


Menurutnya. selain bertemu dengan orang yang hebat dia mengikuti kegiatan pelatihan DJTD demi meningkatkan skill public speakingnya.


"Saya mengikuti kegiatan ini juga karena ingin meningkatkan public speaking saya kak sebab saya orangnya pemalu didepan orang yang banyak sekarang sudah tidak, " jelasnya yang juga merupakan Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam.(*)


(rls/pi)

×
Berita Terbaru Update