Notification

×

OPINI: Dampak Positif dan Negatif Terhadap Sistem Digitalisasi

Minggu, 25 September 2022 | 18.50 WIB Last Updated 2022-09-25T10:50:06Z
Foto : Ist
PAREPAREINFORMASI.COM -- Seperti kita ketahui hampir segala aspek kita di perhadapkan dengan dunia digitalisasi dimana hampir semua hal berhubungan dengan digital bahkan pemerintah sudah menerapkan hal itu untuk mempermudah masyarakat, disini kita bisa mengambil hal positif dengan adanya sistem digitalisasi tapi kita juga perlu memahami dampak negatif dari hal tersebut. 


Contoh dampak negatif mengenai kebocoran data penduduk yang dilakukan oleh hacker Bjorka dapat meninmbulkan resiko kerugian bagi setiap orang. 


Resiko yang di timbulkan kebocoran data ialah penyalahgunaan tranksaksi ilegal, data hasil vaksin seseorang dan tak lain dapat disalahgunakan untuk kejahatan khusus dan lain-lain.


Untuk mengatasi peretasan kebocoran data bukan suatu hal mudah akan tetapi bukapulal9ial suatu hal yang mustahil dilakukan.


Dengan ini pemerintah atau lembaga terkait membuat suatu undang-undang untuk melakukan perlindungan data ataupun transaksi digital seperti kita ketahui atau sering kita dengar yaitu UU ITE .


Saran saya bagi pemerintah adanya kebocoran data ini agar pemerintah bisa mengevaluasi dan memperkuat pertahanan data base masyarakat Serta Pemerintah meningkatkan pemahaman digital masyarakat, lantaran masyarakat indonesia masih minim pemahaman nya.


Jadi salah satu kunci keamanan data yaitu kesadaran diri sendiri agar tidak ada lagi kebocoran data yang dilakukan oleh hacker.


Penulis : Muhammad Haedir Mahasiswa Fakultas Hukum Istitut Andi Sepada

×
Berita Terbaru Update