Notification

×

Komunitas Gamacca Pamerkan Ratusan Benda Pusaka di Parepare : Parewa Bessi Identitas Sebuah Bangsa

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 08.33 WIB Last Updated 2022-08-13T00:33:09Z
Foto : Dok/ist
PAREPAREINFORMASI.COM - Komunitas Gamacca adakan pameran "Parewa Bessi" di Balai Ainun-Habibie, Kelurahan Mallusetasi, Kecamatan Ujung, Kota Parepare. Sebanyak 400 benda pusaka dari berbagai daerah dipamerkan.


Ratusan benda pusaka dalam pameran tersebut berasal dari 45 Komunitas Gamacca Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, bahkan ada yang berasal dari Kalimantan.


Kegiatan tersebut dilaksanakan, untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77. Selain itu, Gamacca sebagai wadah silaturahmi bagi para pelestari Seni Budaya dan Parewa Bessi.


Pameran Parewa Bessi ini dibuka Dewan Pembina Gamacca Parepare Erna Rasyid Taufan,pada Jumat 12 Agustus 2022 dan berakhir pada Minggu 14 Agustus 2022.


"Kami dari Komunitas Gamacca mencoba melakukan ajang silaturahim, dengan mengundang teman-teman berbagai komunitas yang ada di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah. Bahkan saya dengan bilah (benda pusaka) dari Kalimantan," kata Ketua Panitia Pameran Parewa Bessi, Zulkarnain, Jumat (12/8/2022).


Kata Zulkarnain, roh dari kegiatan Pameran Parewa Bessi ini adalah menjalin silaturahmi. Selain itu, juga mendorong para Gamacca mencintai budaya Parewa Bessi.


"Jadi bagaimana teman-teman mencinta budaya Parewa Bessi. Pelestarian Parewa Bessi itu adalah identitas sebuah bangsa," ujarnya.


Zulkarnain menyebutkan, jenis benda pusaka dipamerkan diantaranya, Badik, Parang, Keris dan Tombak.


(hm/pi) 

×
Berita Terbaru Update