Notification

×

MoU Pengawasan Partisipatif dengan Bawaslu, Hipmi Pare Siap Ambil Peran Kawal Pemilu

Jumat, 20 Mei 2022 | 17.24 WIB Last Updated 2022-05-20T09:24:48Z
Foto : Dokumentasi/Istimewa
PAREPAREINFORMASI.COM -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Parepare dan Himpunan Pengurus Pelajar Indonesia (Hipmi) Pare menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait pengawasan partisitipatif. 


Ketua Bawaslu Kota Parepare Zainal Asnun mengatakan, pihaknya ke depan akan bekerjasama dengan Hipmi Pare untuk mengawal agenda pengawasan partisipatif pada setiap tahapan pemilu. 


"Kita mau melihat bagaimana pemilu itu berlangsung secara baik dan demokratis," kata Zainal, di Kantor Bawaslu Parepare pada Kamis (19/5/2022). 


Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Hipmi Pare Ahmad Faisal Idrus menyambut baik agenda pengawasan partisipatif itu. 


Ahmad menegaskan, pihaknya sudah seharusnya mengambil peran dalam pengawasan pemilu ke depan. 


"Kita tidak menunggu diberi peran sebagai anak daerah. Tentu kita memiliki nilai primordial cinta kepada daerah," kata Ahmad. 


Makanya, sambung dia, pihaknya wajib berkontribusi untuk peningkatan kualitas demokrasi di Parepare. 


"Artinya, sebagai agen perubahan kami harus bergerak untuk kualitas demokrasi. Tentu tidak hanya meningkatkan kualitas demokrasi, tetapi juga peningkatan kualitas kader-kader terutama di bidang politik," ujarnya. 


Oleh sebab itu, ia juga mengimbau kepada kader-kadernya agar menjadi pemilih cerdas. Terutama, kata dia, membantu Bawaslu Parepare melakukan pengawasan partisipatif. 


"Setidaknya politik uang bisa berkurang jika kader Hipmi Parepare turun mengawasi jalannya penyelenggaraan pemilu," tandasnya. (asm)



×
Berita Terbaru Update