Notification

×

Satu-satunya di Dunia, Museum BJ Habibie di Parepare Segera di Fungsikan

Minggu, 17 April 2022 | 20.33 WIB Last Updated 2022-04-17T12:33:53Z
Museum BJ. Habibie. | Foto : Dokumentasi
PAREPAREINFORMASI.COM - Museum BJ Habibie Kota Parepare, bakal difungsikan pertengahan 2022. Museum ini ikonik dan spesifik karena akan memajang beragam koleksi pribadi mulai dari karya-karya, penghargaan, dan tanda jasa milik Almarhum Presiden ke-3 RI BJ Habibie. 


Museum yang menjadi satu-satunya di dunia ini masih membutuhkan dukungan sarana dan prasarana yang saat ini baru terpenuhi sekitar 80 persen setelah pembangunan fisik gedung rampung pada 2021.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Parepare, Arifuddin Idris mengatakan, meski sarana dan prasarana baru terpenuhi sekitar 80 persen, namun sambil mulai menfungsikan museum tersebut akan diusahakan pemenuhan sarana prasarana pendukung dapat terpenuhi 100 persen pada 2022 ini.


Arifuddin menjelaskan, walaupun fisik bangunan telah selesai awal 2021, namun karena sarana prasarana pendukung, seperti perlengkapan kerja berupa meubeler dan perlengkapan atau media untuk memajang koleksi benda yang akan dipajang, serta peralatan elektronik belum tersedia, sehingga museum belum difungsikan. "Kebutuhan itu baru kami anggarkan pada tahun 2021. Dan Alhamdulillah, kebutuhan tersebut telah kami penuhi sekitar 80 persen," ungkap Arifuddin, Kamis, 14 April 2022.


Arifuddin mengemukakan, tidak bersamaannya fisik bangunan dan sarana prasana pendukung dianggarkan dalam satu tahun anggaran, karena adanya kebijakan efesiensi anggaran berupa refocusing yang merupakan dampak dari pandemi Covid-19.


Gedung Museum BJ Habibie, yang dibangun atas permintaan langsung BJ Habibie di rumah kelahirannya, Jalan Alwi Abdul Jalil Habibie di Parepare dilaksanakan pada tahun anggaran 2020. Proses pembangunannya menyeberang ke tahun anggaran 2021, tepatnya baru pada Februari 2021, fisik bangunan selesai. 


"Sumber dana yang digunakan untuk pembangunan museum ini, adalah murni dari APBD Kota Parepare tahun 2020," tandas Arifuddin.


(hm/pi) 



×
Berita Terbaru Update