Notification

×

Iklan

Iklan

World Cleanup Day 2021 Siap Digelar di Kota Parepare

Kamis, 09 September 2021 | September 09, 2021 WIB Last Updated 2021-09-09T10:26:29Z

 

WCD 2021

PAREPAREINFORMASI.COM - World Cleanup Day (WCD) atau Hari Bersih Sedunia dengan tema SISAPA (Siap Sadar Sampah) akan kembali digelar di Kota Parepare, Sulawesi Selatan pada 18 September 2021.


World Cleanup Day (WCD) adalah gerakan sosial yang mengajak setiap orang untuk berkontribusi membuat lingkungan menjadi lebih bersih melalui kegiatan bersih-bersih yang diadakan serentak di Indonesia.


Awalnya gerakan sosial ini berasal dari negara Estonia bernama Let's Do It.

Namun, antusias masyarakat Indonesia sangat besar. Maka diubahlah menjadi WCD agar lebih global.


Gerakan WCD dimulai di Indonesia tahun 2018. Sedangkan di Kota Parepare dimulai pada tahun 2019. Tahun 2021 WCD pusat Indonesia menargetkan 13 juta relawan. Sementara, di Kota Parepare ditargetkan 1000 relawan.


Hardiyanti Patangngari, CO leader WCD Parepare 2021 mengungkapkan gerakan ini bukan hanya memungut sampai tetapi lebih mengedukasi.


"Bukan hanya sekedar pungut sampah, tapi lebih ke mengedukasi sampah. Bagaimana kita memilah sampah sebelum membuang sampah," ungkap Anti, sapaannya.


Gerakan WCD 2021 ini telah mendapat dukungan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, sebagaimana tim WCD telah melangsungkan audiensi ke Walikota Parepare.


"Alhamdullilah WCD tahun ini sangat disupport oleh Pemkot, kebetulan kita sudah audiensi dengan pak walikota dan pak wali sangat merespon baik. Secara langsung pak walikota menginstruksikan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk betul-betul mengawal WCD," jelasnya, Kamis (9/9).


Lanjut, kata dia gerakan WCD tersebut diikuti oleh komunitas, organisasi dan seluruh masyarakat Parepare yang ingin berpartisipasi.


"Semua orang bisa berpartisipasi, semoga Insya Allah harapan kita 1000 relawan Parepare bisa tercapai," harapnya.


Selain itu, Hardiyanti mengajak seluruh elemen masyarakat untuk sadar terhadap sampah yang ada di lingkungan sekitar.


"Mari kita sama-sama sebagai warga negara yang baik,sesuai tema kita sisapa. Semoga kita sadar akan pentingnya sampah," tutupnya.


Sebagai informasi, gerakan WCD akan dilaksanakan dilima lokasi di Parepare. Bagi anda yang ingin bergabung menjadi relawan dapat mengisi formulir https://bit.ly/WCDParepare2021.


(hi)

×
Berita Terbaru Update