Notification

×

Studi : Minum Secangkir Kopi Dapat Atasi Infeksi Covid-19

Rabu, 22 September 2021 | 20.47 WIB Last Updated 2021-09-22T12:50:49Z

 

Ilustrasi Secangkit Kopi

PAREPAREINFORMASI.COM - Kabar baik untuk para pecinta kopi bahwa studi menyebutkan kopi dapat mencegah paparan covid-19. Hal ini disampaikan oleh profesor Sri Angghrahini Universitas Gajah Mada (UGM).


Guru besar Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM ini menyampaikan pidato di Rapat Terbuka Senat Dies Natalis ke 58 FTP UGM dalam orasi ilmiah berjudul 'Kopi untuk kesehatan dimasa pandemi covid-19'.


"Ternyata meminum setidaknya secangkir kopi setiap hari efektif untuk mengurangi peluang terinfeksi virus corona-19," katanya pada Rapat Senat Dies Natalis FTP UGM, Selasa (21/9) melalui akun YouTube.


Dia menyebutkan meminum segelas kopi memiliki resiko 10% lebih rendah terinfeksi paparan covid-19 dibandingkan yang tidak mengonsumsi kopi sama sekali. Sri merujuk pada penelitian Amerika Serikat (AS) yang melakukan analisis perilaku diet dan infeksi covid-19 pada 38 ribu orang.


"Para pakar kesehatan menyoroti minum kopi dan kaitannya dengan pandemi corona yang tengah merebak. Dalam penelitiannya kopi terbukti berkontribusi dalam mendukung imunitas bersama dengan sayuran, minyak ikan, olahan daging," ungkap Guru Besar FTP UGM.


Selain, mengandung antioksidan kopi juga mengandung anti inflamasi yang berlimpah sehingga dapat membantu memerangi virus. Minuman kopi juga dikaitkan dengan risiko pneumonia yang lebih rendah pada orang yang lanjut usia.


Sri juga menegaskan bahwa setiap orang perlu bijak mengonsumsi kopi. Pasalnya, kopi mengandung kafein. Jika dikonsumsi berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.


Namun, Sri mengatakan penelitian ini masih belum membuktikan sebab akibat. sehingga, perlu adanya kajian dan penelitian lebih lanjutnya. Sebab WHO dan Kemenkes belum merekomendasikan obat tertentu untuk penyembuhan covid-19.


(hi)

×
Berita Terbaru Update