Notification

×

Kapan Waktu Tidur Siang Yang Baik ?

Rabu, 29 September 2021 | 18.18 WIB Last Updated 2021-09-29T10:18:55Z
Ilustrasi

PAREPAREINFORMASI.COM - Tidur siang sering menjadi pilihan seseorang yang kurang tidur saat malam hari atau hanya ingin mencari waktu untuk istirahat. Tapi tahukan kamu waktu tidur siang yang baik. 


Melansir laman Sleep (29/9), waktu tidur yang baik yaitu sekitar jam makan siang atau pukul 12.30 sampai 14.00. Lebih tepatnya tidur siang yang baik cukup dilakukan tak lebih dari 30 menit. Artinya waktu tidur siang sejenak 10-20 menit saja.


Selama jam makan siang orang cenderung sedikit mengantuk dan lelah kondisi ini dipengaruhi oleh asupan yang dikonsumsi banyak mengandung karbohidrat. Orang mengantuk dijam makan siang lantaran siklus biologis tubuh atau ritme sirkadian.


Dalam waktu 24 jam manusia memiliki puncak mengantuk pada malam hari saat seseorang tertidur lelap dan sekitar 12 jam kemudian atau biasanya disekitar jam makan siang.


Tak heran, jika seseorang mengantuk di siang hari, walaupun perutnya belum terisi makanan. Demi mendapatkan tidur siang yang baik, hindari tidur siang setelah pukul empat sore karena bisa mengganggu jadwal tidur malam.


Namun, jika seseorang yang kerjanya lembur atau beraktivitas sampai dini hari dan baru tidur sepanjang siang hari. Maka waktu tidur siangnya bisa digeser selang 12 jam atau pada tengah malam.


(hi)

×
Berita Terbaru Update