Notification

×

9 Amal Ibadah di Bulan Puasa yang Perlu Kamu Ketahui

Sabtu, 17 April 2021 | 20.53 WIB Last Updated 2021-04-17T12:53:39Z
foto : Freepik

PAREPAREINFORMASI.COM - Bulan Ramadan adalah momen yang tepat untuk memeluk agama Islam untuk berbuat amal karena di bulan ini berkah dan pahala dilipatgandakan.


Tidak hanya dengan berpuasa, ada juga amal ibadah bulan Ramadan yang bisa dilakukan.


Yuk, cari tahu amal ibadah di bulan yang suci ini apa saja yang bisa dilakukan sembari menunaikan ibadah puasa!


1. Perbanyak i’tikaf

Amalan di bulan Ramadan yang dianjurkan pertama adalah dengan memperbanyak i’tikaf. Menghabiskan waktu luang selama menjalankan ibadah puasa dengan berdiam diri di Masjid dan memperbanyak doa, ibadah, tak hanya membantu memperteguh keimanan tapi juga menjauhkanmu dari perbuatan-perbuatan yang tak baik.


2. Tarawih

Ibadah salat tarawih berjamaah merupakan sunnah yang juga akan menambah pahala. Untuk itu, jangan malas-malasan untuk menunaikan salah Tarawih sehabis berbuka puasa.


3. Hidupkan Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar biasanya berada di 10 malam terakhir di Bulan Ramadan, terutama malam-malam ganjil. Pada malam ini, pahala yang di dapat akan lebih besar dibandingkan malam-malam lainnya di Bulan Ramadan.


Maka dari itu, perbanyaklah ibadah dan amal selama bulan Puasa di malam-malam terakhir bulan Ramadan ini. Kalian bisa melakukan i’tikaf, shalat malam, dan juga perbanyak doa dan berdzikir.


4. Membaca Al-Quran

Amalan Bulan Ramadan yang dianjurkan selanjutnya adalah menunaikan tadarus Al-Quran. Dengan mengaji selama Bulan Ramadan, kamu tak hanya bisa mendapatkan berkah tetapi juga mampu meningkatkan ketagwaan dan iman untuk menjalani ibadah Puasa di Bulan Ramadan.


5. Perbanyak Sedekah

Sedekah adalah salah satu kewajiban umat Muslim baik di Bulan Ramadan ataupun tidak. Namun, mengingat berkah bulan Ramadan lebih berlipat ganda, ada baiknya kalian tak melewatkan momentum Ramadan untuk bersedekah dan menunaikan zakat.


Tapi ingat, bersedekah harus dimulai dengan niat yang ikhlas dan tulus, ya.


6. Umroh bagi yang Mampu

Ibadah Umroh adalah salah satu anjuran Rasullulah SAW dan bagi Toppers yang mampu baik dari segi materi dan moril, sangat baik untuk menunaikan ibadah Umroh di Bulan Suci Ramadan.


7. Perbanyak Istigfar

Amalan ibadah puasa selanjutnya adalah dengan memohon pengampunan kepada Allah SWT dengan tulus. Pada bulan Ramasan, Allah SWT memberikan pengampunan bagi dosa-dosa hambanya.


Sehingga sudah seharusnya kalian menggunakan momen ini untuk mengakui dosa dan memohon ampun. Dan jangan lupa untuk tidak mengulanginya lagi, ya.


8. Taubat

Meneruskan amalan istigfar, pintu pengampunan selama bulan Ramadan selalu terbuka lebar. Itulah sebabnya banyak orang yang bertubat dan kembali ke fitrah di Bulan Ramadan ini.


9. Dakwah

Berdakwah di Bulan Ramadan memiliki pahala yang besar karena siapapun yang menunjukkan kebaikan, baginya pahala pahala sebagaimana orang yang mengamalkannya. Dan berdakwah disini tak harus melulu berbicara di masjid.


Kamu bisa melakukannya dalam kegiatan sehari-hari dengan memberikan nasihat kepada teman yang membutuhkan, mengingatkan waktu salat, hingga memberikan contoh-contoh dan teladan untuk melakukan kebaikan.


Itulah kesembilan amalan utama di Bulan Ramadan yang bisa kalian lakukan sembari menunaikan Ibadah Puasa. 


Sebelum melakukan amal ibadah di Bulan Ramadan, ingatlah untuk selalu menunaikan setiap ibadah dengan niat yang baik, ikhlas, dan tulus.


Selamat menunaikan ibadah Puasa, Sahabat Parepareinformasi.

×
Berita Terbaru Update