Notification

×

Iklan

Iklan

Satu-satunya di Indonesia, Pemkot Parepare Akan Bangun Covid Center

Sabtu, 13 Maret 2021 | Maret 13, 2021 WIB Last Updated 2021-03-13T06:51:27Z

dok Taufan Pawe saat membawakan sambutan

PAREPAREINFORMASI.COM - Dalam upaya penanganan Covid-19 di Kota Parepare, pemerintah kota Parepare akan membangun Covid Center di RSUD Andi Makkasau Parepare.


Hal ini disampaikan oleh Walikota Parepare, Taufan Pawe saat membawa sambutan pada kegiatan rapat paripuna DPRD kota Parepare dalam rangka memperingati hari jadi kota Parepare ke-61 yang dihadiri oleh Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, serta beberapa unsur stakeholder lainnya pada Sabtu, (13/3/2021) di Kantor DPRD Kota Parepare.


"Ada suatu area yang tidak dioptimalisasikan lagi fungsinya, maka InsyaAllah kami akan bangun Covid Center dan saya rasa ini satu-satunya nanti di Indonesia." ujar Taufan.


Walikota Parepare dua periode itu menjelaskan Covid Center ini dikelola dan ditangani secara fungsi manajerial.


"Bahwa suhu udara dalam Covid Center ini nanti kita sudah jamin tidak ada lagi virus yang menyebar karena memakai sistem HEPA filter, HEPA filter ini anggarannya memang agak besar yaitu kurang lebih 2-3 juta, untuk menjamin bahwa udara yang dihembuskan bagi pasien dan keluarga dan para medis, pasti dijamin tidak ada virus covidnya dan out dikeluarnya adalah ramah lingkungan," jelasnya.


"Insyallah kami akan bangun selesai tahun ini, akhir tahun ini dengan Dana Insentif Daerah (DID) yang kami siapkan untuk itu," tutupnya.


Dikutip melalui laman farmasiindustri, Hepa Filter merupakan salah satu komponen penting dalam sistem HVAC. HEPA adalah kependekan dari “High Efficiency Particulate Air” atau “High Efficiency Particulate Arrestance.” HEPA merupakan filter yang dibuat, diuji dan disertifikasi sehingga sesuai dengan standar Institute of Environmental Sciences and Technology (IEST). Kinerja dan sertifikasi dipublikasikan ke dalam IEST RP-CC001.3.


HEPA ini berfungsi menyaring udara dari lingkungan agar bersih untuk disalurkan ke dalam area bersih ruang produksi farmasi. Dalam sistem HVAC, udara sebelumnya disaring melalui prefilter kemudian melewati medium filter kemudian baru disaring melalui HEPA filter. Penyaringan udara dilakuka secara bertahap agar efektif, bila langsung disaring HEPA maka HEPA akan cepat ngeblok dan rusak. (mha/pi)

×
Berita Terbaru Update