Notification

×

Fenomena Alam Langka 'Halo Matahari', Warga Parepare Lihat Penampakan Matahari Bercincin

Sabtu, 06 Maret 2021 | 12.05 WIB Last Updated 2021-03-06T04:05:20Z

dok : halo matahari terlihat di langit Parepare
PAREPAREINFORMASI.COM - Fenomena tampilan matahari yang tampak seperti dilingkari cincin atau halo matahari muncul di langit Parepare hari ini. Pantauan parepareinformasicom masyarakat terlihat antusias keluar rumah untuk melihat langsung. Mereka pun mengabadikan momen tersebut, Sabtu, (6/3/2021).

Salah satu warga Parepare, Heril mengatakan melihat halo matahari ini sekitar pukul 10.20 WITA. Heril langsung memotret fenomena ini menggunakan ponselnya.

"Tadi awalnya saya lihat waktu saya ke Tonrangeng, saya tidak sengaja langsung melihat ke atas langit, terus penasaran ternyata lagi ada halo matahari," kata Heril kepada parepareinformasicom.

Sementara fenomena matahari berhiaskan cincin ini tak hanya terlihat di Parepare, juga terlihat di Kabupaten Barru. Di sini, terlihat warga juga antusias melihat langsung fenomena halo matahari tersebut.

dok : halo matahari terlihat di langit Barru

"Saya barusan liat matahari, ada cincinnya, langsung saya foto-foto," imbuh warga Barru, Dian Haryanti.

Menurut BMKG, Halo adalah lingkaran sinar putih yang ada pada Matahari. Fenomena Halo ini terjadi karenya terbentuknya saru kristal-kristal es dari awan cirrus pada ketinggian 5-10km.(ito)

×
Berita Terbaru Update