Notification

×

Petinggi WHO Sarankan Dunia Belajar COVID-19 3 Negara Termasuk RI

Minggu, 08 November 2020 | 03.23 WIB Last Updated 2020-11-07T19:23:39Z

 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengundang Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto untuk berbagi pengalaman penanganan pandemi COVID-19. Khususnya terkait pelaksanaan IAR (Intra Action Review) COVID-19 nasional.

Direktur Jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebut pelaksanaan IAR COVID-19 penting untuk meningkatkan strategi pandemi Corona. Menurutnya, melalui IAR nanti bisa terlihat apa yang salah dalam penanganan pandemi dan apa yang sudah baik

"Analisis Kajian (IAR) semacam ini adalah apa yang di seluruh dunia selama World Health Assembly Mei, tinjauan interaksi menggunakan pendekatan multi-sektor masyarakat secara total, pemangku kepentingan dalam tanggapan kesiapsiagaan di tingkat nasional dan sub-nasional," jelas Tedros dalam rencana pers virtual WHO, Jumat (6/10/2020).

Tedros mengatakan tidak ada kata terlambat untuk makan pandemi Corona. Menurutnya, saat ini adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan strategi penanganan wabah COVID-19

"Ada harapan dan sekarang saatnya untuk menggandakan upaya penanggulangan virus, di manapun negara dalam hal penanganan wabah," tegasnya.

"Negara bisa membalikkannya dengan menggerakkan seluruh pemerintahan dan respons semua masyarakat. Tidak ada kata terlambat," lanjut Tedros.

Tedros juga mendorong beberapa negara untuk belajar terkait COVID-19 dari tiga negara termasuk Indonesia. Perwakilan dari ketiga negara tersebut menyampaikan laporan IAR dalam reservasi pers tersebut.

"Dengan melakukan review secara real time dan berbagi pelajaran kepada dunia, ketiga negara tersebut (Thailand, Afrika Selatan, Indonesia), telah mencerminkan cetak biru bagaimana negara dapat memberatkan COVID-19 dan memutus rantai penularan," jelas Tedros.

"Saya mendorong semua negara untuk belajar dari Thailand, Afrika Selatan dan Indonesia untuk melawan virus di hari ini. Kita bisa menyelamatkan nyawa dan menghentikan pandemi ini bersama-sama," kata Tedros.

Sumber: Detik.com

×
Berita Terbaru Update